Tuesday, April 21, 2020

Resiko Mengabaikan Perawatan Mulut Hewan Peliharaan Anda!

Tuesday, April 21, 2020


Hamsku.com - Sementara sebagian besar pemilik hewan peliharaan prihatin dengan kebersihan mulut hewan peliharaan mereka, banyak orang lain harus memahami bahwa ini adalah masalah yang mungkin dapat membawa dampak parah jika dibiarkan tanpa pengawasan. Masalahnya tidak berakhir hanya dengan mulut. Ini berlanjut untuk melepaskan berbagai komplikasi medis lain yang mungkin dalam beberapa kasus terbukti fatal.

Read More : 5 Aroma yang Paling Tidak Disukai Kucing yang Harus Anda Ketahui

Pemilik hewan peliharaan terkadang memperhatikan bahwa kucing mereka memiliki bau yang tidak sedap. Mereka mungkin mengabaikannya. Namun, bau busuk yang keluar dari mulut hewan peliharaan mungkin merupakan tanda penyakit mulut. Faktanya adalah bahwa kebersihan mulut kucing sangat penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan secara keseluruhan.

Kebersihan mulut yang buruk tidak hanya menyebabkan kerusakan gigi atau penyakit gusi. Selain memperburuk kondisi ini, kebersihan mulut yang buruk terus menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, ginjal dan paru-paru.

Gigi kucing paling rentan terhadap penumpukan plak. Plak bisa terus menyebabkan pemisahan gusi dari gigi. Ini pada gilirannya akan menyebabkan pembentukan paket bakteri yang mengakibatkan infeksi. Masalahnya tidak berakhir di sini karena terus menyerang organ-organ internal tubuh. Kegagalan organ dalam seperti jantung dan ginjal mungkin dapat menyebabkan kematian.

Ini adalah alasan mengapa masalah gigi hewan peliharaan perlu dihindari. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memperkenalkan praktik kebersihan sejak dini. Meskipun sulit melatih kucing untuk menerima menyikat gigi secara rutin, akan lebih mudah setelah Anda mulai melakukannya secara teratur. Ada beberapa teknik menyikat gigi yang perlu dipelajari.


Aspek penting lainnya untuk mencegah masalah gigi hewan peliharaan adalah memeriksa gigi kucing untuk mencari tanda-tanda penyakit mulut. Secara khusus, keberadaan gusi atau kista yang meradang di bawah lidah perlu diperiksa. Pemeriksaan rutin dan janji tindak lanjut adalah cara yang baik untuk mencegah masalah gigi hewan peliharaan. Gigi kucing tidak seperti manusia, tidak menderita kerusakan email gigi.

Umumnya itu adalah infeksi atau peradangan atau surutnya gusi yang menimpa mereka. Inilah yang menyebabkan ketidaknyamanan dan air liur pada hewan peliharaan. Penyakit gigi seperti yang ditunjukkan sebelumnya, dapat menyebabkan penyakit jantung dan ginjal pada kucing yang lebih tua. Ini karena bakteri yang hidup dalam jaringan yang terinfeksi dapat terus masuk ke aliran darah dan karenanya mempengaruhi organ-organ internal.

Read More : 5 Layanan Unik namun Bermanfaat untuk Hewan Peliharaan Anda

Karena itu, seperti yang terlihat, gigi kucing rentan terhadap karang gigi dan plak. Ini dapat menimbulkan sejumlah masalah medis lainnya seperti penyakit gusi, kerusakan gigi dan infeksi. Kemungkinan penyebab berikutnya adalah kegagalan organ dalam seperti jantung dan ginjal karena bakteri yang telah menumpuk di gusi menemukan cara untuk memasuki aliran darah dan menempatkan dirinya di organ dalam.

Ini panggilan untuk perlunya memperhatikan gigi kucing untuk menghindari masalah kesehatan mulut. Ini perlu diatasi sesekali sehingga kebersihan mulut yang baik secara keseluruhan dapat dipertahankan. Ini karena gigi kucing memerlukan perawatan khusus.

Show comments
Hide comments