Monday, April 6, 2020

Pengobatan Alternatif Memiliki Nilai Teknis? Begini Ceritanya

Monday, April 6, 2020


hamsku.com - Banyak orang yang lebih memilih untuk langsung menjalani pengobatan alternatif tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter. Dikarenakan selain harganya lebih murah dan aksesnya juga lebih mudah, pengobatan alternatif difavoritkan oleh sebagian masyarakat daripada obat-obatan kimia karena menggunakan bahan-bahan alami sehingga dinilai minim risiko komplikasi dan efek samping. Tapi apakah memprioritaskan berobat ke klinik pengobatan tradisional merupakan tindakan yang benar sebagai langkah utama menyembuhkan penyakit?

Apa Sih Pengobatan Alternatif itu?


Pengobatan alternatif merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan yang menggunakan berbagai cara, alat, atau bahan yang tidak termasuk dalam standar pengobatan medis yang biasanya dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional kesehatan lainnya (seperti perawat dan terapis fisik). Banyak juga orang yang menyebutnya sebagai pengobatan “integratif,” atau “pelengkap”.

Jika kalian ingin tahu contoh dari pengobatan alternatif adalah  sebagai berikut : akupunktur, bekam, pengobatan aura, obat-obatan herbal dan jamu, reiki, ceragem (pijat batu giok), pijat refleksi, hipnosis, hingga gurah dan masih banyak yang lainnya.

Read More : Covid 19 - Pertahanan Anda yang Akan Melawannya

Kedokteran selalu ditemukan dalam obat-obatan atau dalam operasi. Itu didukung oleh sistem paralel yang independen dan saling melengkapi yang dikenal sebagai Pengobatan Alternatif. Namun keduanya, sampai saat ini, tidak ditakdirkan untuk bertemu.

Kedokteran muncul dari sistem pengujian klinis, survei, pemindaian, catatan medis, eksperimen, dan data. Ini melewati tes persetujuan yang ketat di hadapan dewan yang berlisensi. Sistem ini menyombongkan hak metodologi, lisensi, disiplin dan kemanjuran. Pengobatan alternatif, terletak pada sistem kesehatan alami, berdasarkan pada obat yang lebih sedikit, teknik non-invasif. Penguasaan dan keterampilan praktik muncul dari teks-teks kuno klasik, atau penemuan-penemuan ilmiah baru dengan penanganan manual. Tradisi populer Akupunktur, Shiatsu, Ayurveda, Yoga, dan Aromaterapi, homeopati jatuh di bawah payung kategori luas praktik kuno dan tradisi.

Pengobatan alternatif datang di bawah lisensi teknis dan undang-undang dengan Organisasi Kesehatan Dunia yang mengesampingkan sistem kuno dan cerita rakyat. Standarisasi poin akupunktur dalam praktik akupunktur di antara semua negara, dewan, perguruan tinggi dan praktisi menjadi jelas dan seragam dalam deskripsi teknis. Ada praktik rahasia energik yang terlibat ditambah dengan seni penyembuhan bela diri sebagai chi gong, tai-chi, ki aikido dan lainnya, yang tidak terdaftar. Fakta bahwa seni penyembuhan pada dasarnya energik, berarti bahwa keterampilan praktisi yang diperoleh relatif terhadap pengembangan dan budidaya ruang internal yang energik.

Read More : Cara Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Anda Saat Bekerja Dari Rumah

Organisasi Kesehatan Dunia membahas masalah nomenklatur dan deskripsi teknis dalam beberapa terapi kuno yang lebih disukai berdasarkan tulisan suci. Pijat Kepala India adalah contoh dari ilmu pengetahuan populer berdasarkan klasifikasi poin marma dan teknik pijat ayurveda, diatur untuk kualifikasi internasional untuk latihan. Ilmu ini dijelaskan dengan baik oleh daftar teknis kompetensi Standar Pekerjaan Nasional untuk penggunaan terapan. Beberapa sistem baru lainnya telah muncul berdasarkan permintaan publik yang merupakan praktik pelengkap pengobatan. Ini termasuk terapi manual yang populer seperti pijat olahraga, pijat drainase limfatik, pelepasan myofascial, terapi trigger point, terapi neuromuskuler, fasilitasi neuromuskuler proprioseptif, integrasi struktural, dan banyak lagi. Formalisasi ilmu-ilmu ini telah terjadi dalam praktik klinis, dan ilmiah. Dewan Penilai dan Pengatur yang kompeten di seluruh negara telah menyetujui beberapa disiplin ilmu ini sebagai pengobatan alternatif murni atau terpadu, dan mengelola industri ini untuk bermanifestasi dalam bidang paralel yang saling melengkapi.

Formalisasi pengobatan Alternatif tumbuh signifikan ketika modalitas dan teknologi modern berakar pada sistem kuno. Terapi cahaya dan laser tingkat rendah menjadi pilihan untuk akupunktur di mana jarum tidak cocok. Mesin umpan balik bio seluruh tubuh seperti Medilab's Beautytech, telah didasarkan pada induksi galvanik dan modulasi bio acupoint melalui meridian akupunktur dan jalur limfatik.
Inovasi dalam pengobatan alternatif, didasarkan pada pemahaman formal tentang proses alami yang telah memberi manfaat besar bagi manusia selama berabad-abad.

Read More : Kesamaan Menakjubkan Antara Coronavirus Covid-19 dan Pandemi Flu Spanyol Tahun 1918

Laser tingkat rendah mampu mengubah fenomena akupunktur ke tingkat berikutnya dengan penemuan potensi genetik akupunktur darah dengan iradiasi laser darah melalui vena. Perawatan tambahan dengan klorofil dan sensitizer cahaya mendukung pembalikan kematian jaringan seperti pada kasus keganasan. Keuntungan dari penemuan ilmiah modern dalam pengobatan alternatif adalah bahwa protokol perawatan memiliki kontrol dan hasil lengkap, dan praktik energik manusia mistis terpisah dari terapi.

UK Crown mendorong praktisi medis, untuk merangkul industri obat alternatif dan menyetujui praktiknya untuk dukungan kesehatan yang lebih baik. Ini ditentang pada awalnya, dan kecurigaan berlanjut di antara dua aliran. Namun, praktisi medis sendiri telah menyerap akupunktur medis dalam praktik mereka melalui seminar yang disetujui akhir-akhir ini, dan tumbuh dalam kesadaran akan nilai terapeutik dari sistem standar.

Ketika vaktor Industri tumbuh di ekosistem, ilmu pengetahuan dan preferensi tampaknya bergabung. Perbedaannya kurang dan disiplin bertemu dengan konsensus. Prospek ke depan tampak menjanjikan dan pemulihan sudah baik.

Show comments
Hide comments