Thursday, April 16, 2020

5 Cara Sederhana Untuk Membuat Hand Sanitizer Dengan Bahan Alami

Thursday, April 16, 2020


Hamsku.com - Penyebaran Virus Corona (covid-19) sekarang semakin luas di indonesia. bahkan sudah menyentuh 5rb kasus lebih. Dan kini karna corona pandemic ini segala sesuatu harganya dinaikkan jadi lebih mahal. Jadi kalian harus pintar-pintar kalau membeli sesuatu.

Seperti Hand Sanitizer ini contohnya, sebelum covid-19 ini muncul keberadaannya harga dari hand sanitizer ini bisa dibilang tidak terlalu mahal, tapi sekarang harganya menjadi 2 kali lipat. Sungguh mencengangkan bukan? Bahkan harga masker yang tadinya 5rb skrng menjadi 25rb, naik 5 kali lipat! sungguh tega para penjualnya.

Anda gak perlu membeli hand sanitizer jika harganya terlalu mahal, karena anda bisa membuatnya dengan cara sangat sederhana dan mudah, disini saya akan memberi tahu bahan-bahan apa saja yang dapat digunakan untuk membuat hand sanitizer dengan bahan alami.

Berikut adalah 5 cara sederhana untuk membuat hand sanitizer dengan bahan alami yang di rangkum oleh Hamsku.com (16/04/2020).

Read More : 4 Situs Online Meeting Gratis Terbaik dan Terbaru Untuk Kegiatan Anda Dirumah

1. Lidah Buaya


Siapa yang tidak tahu dengan tumbuhan yang satu ini? ini adalah tumbuhan lidah buaya, salah satu tumbuhan yang banyak memiliki kegunaan. Selain menjadi tanaman hias dan tumbuhan yang berkontribusi untuk menghasilkan oksigen yang sangat banyak, lidah buaya ternyata juga bisa dijadikan pembersih tangan atau Hand Sanitizer.

Anda hanya perlu mencampurnya dengan alkohol yang bisa anda beli di apotek terdekat. Pastikan kandungan alkohol minimal 60% dalam campuran tersebut, agar dapat membunuh kuman secara keseluruhan. Dengan Lidah Buaya anda bisa mencium aroma seperti lavender tapi alami.

2. Jeruk Lemon


Jeruk Lemon memiliki antibakteri yang cukup ampuh membunuh bakteri dan virus yang dapat menyerang tubuh manusia.

Caranya cukup mudah untuk membuat hand sanitizer alami dengan jeruk lemon, campurkan air perasan dari jeruk lemon dengan air biasa dan masukkan ke dalam botol hand sanitizer yang sudah kosong.

3. Daun Sirih


Daun Sirih memiliki wangi yang khas, daun sirih juga bisa dipakai beberapa pengobatan, seperti ngusir jin. Selain itu daun sirih juga bisa membunuh kuman dan bakteri, sudah banyak yang menggunakan daun sirih sebagai media utama untuk membuat hand sanitizer.

Caranya mudah saja, campur daun sirih dengan kulit rambutan yang sudah di blender, lalu aduk sampai merata. Jika kalian ingin wanginya lebih harum campurkanlah dengan minyak zaitun, (jika kalian punya).

Read More : Apa yang Disiapkan Samsung dengan Kamera 192 Megapiksel? Apakah Akan Hadir Bulan Depan??

4. Kayu Manis


Jika kaliana pernah lewat pabrik yang memiliki bau sangan menyengat dari beberapa meter, mungkin saja itu bau dari kayu manis. Kayu Manis memiliki aroma yang khas sekali dengan bentuk yang unik dan sangat berguna untuk wangi-wangian.

Tentu saja kayu manis dapat membunuh kuman dan bakteri karena kayu manis memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh kuman dan bakteri.

5. Cuka


Cuka mudah sekali ditemukan, anda dapat membelinya di warung-warung terdekat, seperti warung sayur atau pasar. Cuka juga dapat digunakan untuk bahan penyedap makanan, seperti masakan ibu rumah tangga atau bakso.

Selain alkohol cuka dapat menyembuhkan luka karena cuka meiliki kandungan asam yang cukup tinggi (eh tapi yang rekomendasi tetap alkohol). Cuka juga dapa digunakan sebagai bahan alami untuk dibuat menjadi hand sanitizer. Caranya campurkan cuka dengan sedikit air biasa lalu simpan di botol minyak wangi yang kosong.

Itu tadi adalah cara alami untuk membuat hand sanitizer alami. Caranya cukup mudah dan simpel, dan anda juga tidak sulit untuk menemukan bahan-bahannya, karena banyak bahan tersebut di sekitar lingkungan kita. Hand Sanitizer ini memiliki wangi yang tidak kalah wanginya dengan Hand Sanitizer bermerk.

Notes : Hand Sanitizer ini tidak memiliki ketahanan yang lama seperti buatan pabrik, karena bahannya alami membuatnya cepat busuk, jadi kalau bisa setelah di buat cepat dihabiskan atau menaruhnya di kulkas agar lebih tahan lama.

Show comments
Hide comments